Touring Enrekang

Iseng-iseng aja mo cerita perjalanan touring ke Enrekang. Mungkin kalimat-kalimatnya gak beraturan tapi namanya usaha…. Mo jadi penulis ternama (hahahahahaha…. Mimpi kali yah???)

Berawal dari ngumpul-ngumpul doang ma Upi’, Jo, n Ariel.
Kegiatan ini tiba-tiba aja, gak ada rencana sebelumnya. Awalnya Jo ngajak jalan-jalan ke Larompong gak tau untuk apa, katanya sih yah cuman test motor aja. Pikir-pikir dari pada ke Larompong, mending ke Enrekang aja skalian jenguk Kakek yang lagi sakit.

Akhirnya hari itu jam 12 siang kami jadi ke Enrekang. Kami berangkat dua motor, gw boncengan ma Upi’ trus Jo ma Ariel.

Seperti biasanya, dijalan kami yah gila-gilaan gitu (maklum lah masih muda… hahahahaha) pokoknya gak ada yang sok “jaim”. Gak ada yang berubah, masih seperti dulu. Kocak n ancur dah…..

Gak berapa lama kuda besi yang membawa kami sudah memasuki daerah Toraja. Lama diperjalanan akhirnya Ariel laper juga. Sebenarnya baru berangkat tadi, Ariel dah laper. Jadi gak enak, soalnya gw yang ngajak mereka. So, mo nyari tempat makan nih… Nyari tempat makan yang halal di Toraja mesti ati-ati. Secara disana mayoritas non muslim sih.

Lama nyari makan gak ketemu-ketemu, gw liat ada warung bakso #%^$%^. Kasihan liat Ariel dah laper banget trus wajahnya dah “Maccukka”, gw nyuruh Upi’ singgah sebentar pas di depan warung itu. Tak lama Jo yang berboncengan ma Ariel ikut singgah juga. Dengan sedikit senyuman gw liat Ariel yang tampak kegirangan sambil melihat papan menu yang terpajang didepan warung itu. Seketika itu wajahnya brubah makin manyun n kesal. Ha!!!!!! ternyata bakso %^%$%^^^. Sorry Riel, abis kasihan sih sama kamu yang dari tadi cuman mikirin makan melulu. Hahahahahaha…… tapi gak berapa lama kami akhirnya dapat juga tempat makan yang cocok dengan selera kami sebagai seorang musafir.

Jam 3 kami sudah nyampe di rumah Kakek. Dia begitu lusuh terbalut selimut yang selalu merindukan kedatangan cucunya tersayang. Betapa senangnya, seakan semua sakit yang dialaminya hilang seketika begitu suara gw memanggilnya dari teras rumah. Tak lama kedua tangan ini sudah merangkul kedua pundaknya dengan rasa rindu yang teramat sangat. Nenek yang setia menemaninya hingga sekarang tiba-tiba muncul dari balik pintu kamar. Dengan bahasa Duri Enrekang, dia menyapa layaknya seorang pelayan restoran yang melayani pelayanannya. Nenek memang hadir sebagai pelayan kakek yang selalu setia menemai detik demi detik kebersamaan dan perpisahan.

Kadang gw slalu mikir apa yang akan terjadi padaku kelak? Seandainya semua itu diturunkan kepada keturunan yang selalu siap mewarisi tanpa melihat resiko, dan gw yang lebih dulu siap akan itu.

Sebelum balik, gw ngajak Jo, Ariel n Upi’ ngambil gambar di bukit belakang rumah Kakek. Yah….. sebagai dokumentasi doang ato lebih berharga dijadiin ole-ole buat teman-teman di Palopo.

Jeprat…… Jepret…..

Lelah juga akhirnya setelah banyak ambil gaya waktu futu-futu. Terlihat awan udah gelap kelabu. Wah….. kayaknya mo hujan nih, bergegas kami turun dari atas bukit dan minta pamit pulang ma Kakek sebelumnya dapat petuah-petuah dikit dari dia.

Baru sekitar berapa Kilo, kami diguyur hujan bro….. perjalanan yang sangat mengesankan. Pokoknya gak singgah-singgah, tancap terusssss…….!!!! Hujan lebat tak menjadi penghalang coy…..!!!! justru menambah asyiknya perjalanan kami. Jalan yang basah tak diperdulikan sampai motor yang gw kendarai menginjak jalan yang lubangnya lumayan gede. Alhasil, gw hampir terpelanting dari motor. Bayangkan aja, saking kerasnya benturan itu, posisi duduk gw dah berubah. Bokong yang tadinya jadi tumpuan duduk berganti perut, pokoknya posisi gw waktu itu nanggung banget (mirip Superman kalo lagi terbang) Hahahahahahah…. Jadi ketawa juga ngingatnya. Speedometer milik Upi’ pun retak.

Huffff….!!!! Ampir aja kami jatuh. Untungnya Upi’ adalah pengendara sepeda motor yang telah mendapat sertifikat sebagai pengendara motor yang gila dan dapat dipercaya. Sekadar info, dia udah lulus test waktu mau masuk perkumpulan Ojek se Kota Palopo n udah malang melintang di dunia “Permotoran”. Hahahahahaha…….

Liat teman-teman dah basah kuyup menggigil kedinginan, gw ngajak mereka singgah dulu di rumah Tante samping pasar Bolu Rantepao. Thanks yang Tan, kita di layani dengan baik. Dah ngerepotin, tadinya sih cuman mo berteduh, eh malah dapat secangkir kopi abis itu dikasi makan pula…… sekali lagi thanks yang tante.

Hujan udah gak begitu deras, kami melanjutkan perjalanan. Sebenarnya dah gak mo lanjutin perjalanan, soalnya dah pada ngantuk karena kekeyangan. Tapi nyadar misi kita belum selesai, kami pun lanjutin perjalanan ke level berikutnya hahahahaha…. (kayak main game aja).

Emang sih perjalanan kami udah gak ditemani hujan, tapi kini lebih agak mengangkan lagi. Kami ditemani malam dan diselimuti kabut tebal. Hufffff….. mirip di film-film saja. Takut sih yah dikit, apalagi gw kan waktu itu yang dibonceng. Kalo melihat kebelakang sepertinya ada sesuatu yang mengamati dan ingin menarik jaketku. Parahnya lagi, kami terpaksa harus berhenti gara-gara motor Upi’ (yang gw tumpangi) ternyata ban depannya bocor. Sebenarnya waktu itu gw takut banget, apa lagi di daerah itu udah sering mobil jatuh kejurang dan tak jarang memakan korban. Gw tau, Jo, Upi’ n Ariel takut juga waktu itu… Alahhh jangan boong….

Habis ngecek ban yang bocor, sepertinya gak ada cara lain selain Gw, Ariel n Jo harus bonceng tiga. Akhirnya kita pun berangkat, Upi’ yang mengendarai motornya yang kempis berada di depan sedangkan kami ngikuti dari belakang.

Bonceng tiga bukannya membuat posisi aman untuk gw, tapi malah bikin bulu kuduk merinding. Gw ditaruh dibelakang lagi….. mana duduknya cuman “seikkit” di ujung belakang sadel doang. Hufffff……….!!!! Bunyi gesekan aspal dengan ban yang kempis terdengar seperti suara nyanyi-nyanyian film horror saja. Ampun dah…….!!!!

Dijalan gak ada tempat tambal ban yang masih buka. Terpaksa Upi’ pake motornya sampai ke Kota dan itu berarti gw harus bonceng tiga sejauh 30 kilo meter lagi. Busyettttt…. Mo minta ganti posisi ma Ariel ternyata dia juga gak kalah takutnya ma gw. Yah mau gak mau sebagai teman yang sayang teman (^&*^&%^%^%&*) gw harus ngalah dah…. Ariel, loe mestinya minta maaf n ngucapin terima kasih ma gw…

Akhirnya setelah beribu macam ganti posisi duduk sampe “Anu” gw jadi keram, kami sampai juga di Kota dengan keadaan masih basah dan kedinginan. Lucunya, di Kota gak hujan. Yah… cuman ketawa doang kalo orang perhatiin baju kami yang basah. Hahahahaha…………

Hahahahaha…………
Itulah sedikit cerita dari touring gw ke Enrekang.

“Don’t Try This Again” hahahahahaha……